Pemuda-Pemudi Sekarang

Sumber daya Indonesia sudah dikenal dengan kualitasnya. Dalam dunia akademis, cukup membuat prestasi. Namun, kecintaan dalam negeri belum ada sama sekali.

Ketika para pemuda-pemudi Indonesia menuntut ilmu di negeri orang, mereka tak jarang enggan kembali ke Indonesia. Mereka justru mati-matian mengapply permanent resident di negara orang. Berbondong-bondong orang-orang juga berimigrasi ke negara lain, hanya karena di Indonesia, mereka begitu susah untuk mencari makan. Pertanda apakah ini ? Apa memang iklim di Indonesia sekeras itu ?

Apabila ditengok dan dibandingkan dengan China, Korea, mereka negara yang rakyatnya begitu mencintai budaya dan negerinya. Datang ke negeri orang dengan bangga mereka menuturkan tentang budayanya.

Survey di Amerika menyatakan bahwa 79 % murid dari China mengambil science , sedangkan warga Amerika sendiri hanya sekitar 17 %. Kalau dilihat dari perkembangan China kini, sangat tidak heran apabila China bisa berkembang jauh. Kawula muda yang sudah menuntut ilmu begitu jauh kembali ke negerinya dan mengimplementasikan ilmu pengetahuannya. Sedangkan di Indonesia, mungkin hanya segelintir orang yang berminat terhadap bidang science dan kembali ke negerinya untuk mengimplementasikan ilmunya.

Jepang, yang sudah terbuka terlebih dahulu terhadap pengaruh budaya barat, menjadi sangat maju dan bahkan mengasimilasi budaya tersebut dengan budayanya, namun tetap tidak meninggalkan akarnya sebagai bangsa Jepang. Budaya yang dikatakan tua, namun ternyata masih tetap muda dan hidup.

Kapankah Indonesia menjadi produktif ? Negara-negara berkembang telah mampu memproduksi mobil sendiri mulai dari mesin, rangka hingga sekrup sekecil apapun.Bahkan perdagangan di Indonesia digeser dengan barang-barang china yang mutunya hampir sama saja, namun bisa lebih murah. Kapankah Indonesia menjadi eksportir dan dengan bangga memasok berbagai alat kebutuhan manusia ? Seharusnya Indonesia menciptakan banyak penemu-penemu genius, dibandingkan para pakar bisnis / ekonomi. Sehingga bisa menciptakan sesuatu dan membuat trademark Indonesia mendunia.

Seandainya saja Indonesia bisa lebih terbuka terhadap negara-negara maju dan menciptakan iklim yang aman bagi rakyatnya, Indonesia tentu jauh dari keadaan sekarang yang bisa dibilang semrawut ini.

Bisa ditengok dari Thailand, mereka maju karena hal utama, yaitu karena rasa aman. Turis berbondong-bondong ke sana, karena mereka merasa aman ketika mereka berkunjung. Tak ada yang mau datang ke Indonesia jika memang di sekeliling tindak kriminal begitu tinggi.

Mari kawula muda, tuntut ilmulah setinggi-tingginya, namun kembalilah ke tanah air, majukan Indonesiamu, angkatlah bangsamu.

By : Nina Adi Jaya

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -