Google Documents

   Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010.
   Google Documents berasal dari dua produk terpisah, Writely dan Google Spreadsheets. Writely adalah webberbasis pengolah kata yang dibuat oleh perangkat lunak perusahaan Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005. Spreadsheet, diluncurkan sebagai Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006,, berasal dari akuisisi produk XL2Web oleh 2Web Technologies . asli fitur's Writely termasuk kolaboratif suite mengedit teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan kotak dialog yang mirip dengan apa pengguna mungkin terjadi dalam sebuah pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer.
   Pada tanggal 9 Maret 2006, Google mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi Upstartle. Pada saat akuisisi, Upstartle memiliki empat karyawan. Writely tertutup pendaftaran ke layanan sampai pindah ke server Google itu selesai. Pada Agustus 2006, Writely dikirim undangan account untuk setiap orang yang meminta untuk ditempatkan pada daftar tunggu, dan kemudian menjadi tersedia untuk publik pada 23 Agustus. Writely terus menjaga sistem pengguna sendiri sampai dengan 19 September 2006, ketika itu terintegrasi dengan Google Account.
   Sementara itu, Google mengembangkan Google Spreadsheet menggunakan teknologi itu diperoleh dari 2Web Technologies pada tahun 2005 dan diluncurkan Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006 sebagai komponen publik pertama dari apa yang akhirnya akan menjadi Google Docs. Pada awalnya dibuat hanya tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas, pada datang, pertama--dilayani pertama. Uji terbatas kemudian diganti dengan versi beta tersedia untuk semua pemegang Rekening Google, sekitar waktu yang sama dengan siaran pers diterbitkan.
   Pada bulan Februari 2007, Google Docs dibuat tersedia untuk Google Apps pengguna.
   Pada bulan Juni 2007, Google mengubah halaman depan untuk memasukkan folder bukan label, diselenggarakan di bar samping.
   Pada tanggal 17 September 2007, Google merilis program presentasi produk Google Docs.
   Pada tanggal 6 Juli 2009, Google mengumumkan di blog resmi mereka bahwa Google Docs bersama dengan Google Apps lainnya akan dibawa keluar dari versi beta.
   Pada tanggal 13 Januari 2010, Google mengumumkan di blog resmi mereka bahwa Google Documents akan memungkinkan setiap jenis file, termasuk 1GB ruang bebas dan $ 0.25/GB untuk penyimpanan tambahan.
   Pada tanggal 5 Maret 2010, DocVerse, dokumen online kolaborasi perusahaan, diakuisisi oleh Google. Hal ini memungkinkan kolaborasi online beberapa pengguna pada Microsoft Office format dokumen yang kompatibel seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Peningkatan berdasrkan produk telah diumumkan dan menyebarkan selama bulan April 2010.
   Pada bulan Juni 2010, dilaporkan bahwa akses ke Google Docs telah diblokir di Turki. Seorang pegawai Google dikonfirmasi masalah mengatakan bahwa hal itu "muncul untuk dihubungkan dengan larangan yang sedang berlangsung di YouTube."

Fitur

   Google Documents adalah "Googleperangkat lunak sebagai layanan"versi sebuah office suite. Dokumen, spreadsheet, dan presentasi bentuk dapat dibuat dalam aplikasi itu sendiri, impor melalui antarmuka web, atau dikirim melalui email. Mereka juga dapat disimpan ke pengguna komputer dalam berbagai format (ODF, HTML, PDF, RTF, Text, Word). Secara default, mereka diselamatkan ke server Google. Membuka dokumen akan disimpan secara otomatis untuk mencegah hilangnya data, dan sejarah revisi secara otomatis disimpan. Dokumen dapat ditandai dan diarsipkan untuk tujuan organisasi. Layanan ini secara resmi didukung pada versi terbaru dari Firefox, Internet Explorer, Safari dan Chrome browser berjalan pada Microsoft Windows, Apple OS X, dan sistem operasi Linux.
   Ada batas pada berapa banyak pengguna dapat menyimpan pada account mereka. Masing-masing dokumen tidak boleh melebihi 1GB per 13 Januari 2010, gambar tertanam tidak boleh melebihi 2MB masing-masing, dan spreadsheet terbatas pada 256 kolom, 200.000 sel, dan 99 lembar. Pada bulan September 2009, editor persamaan ditambahkan yang memungkinkan rendering dalam LaTeX format.
   Google Documents berfungsi sebagai alat kolaborasi untuk mengedit antara pengguna dan non-pengguna secara real time. Dokumen dapat dibagi, dibuka, dan diedit oleh beberapa pengguna pada saat yang sama. Dalam kasus spreadsheet, pengguna dapat diberitahu tentang perubahan ke wilayah tertentu melalui e-mail. Aplikasi ini mendukung ISO standar OpenDocument format. Hal ini juga termasuk dukungan untuk format proprietary seperti doc. dan . xls serta dukungan untuk docx. dan . xlsx.
   Google Docs adalah salah satu dari banyak komputasi awan -layanan sharing dokumen. Mayoritas layanan  sharing dokumen memerlukan biaya pengguna, sedangkan Google Docs adalah gratis. Popularitasnya di antara bisnis yang berkembang karena fitur berbagi ditingkatkan dan aksesibilitas. Selain itu, Google  Documents telah menikmati peningkatan pesat dalam popularitas di kalangan mahasiswa dan institusi pendidikan.
   Google Docs juga mencakup kemampuan untuk menulis kode dalam dokumen dalam cara yang mirip dengan VBA di Microsoft Office. Kode dapat ditulis dalam dua bahasa scripting, Java atau Python, dan baik diaktifkan oleh masukan pengguna atau oleh pemicu dalam menanggapi sebuah peristiwa.
Awal pada bulan April 2008, Google Documents diizinkan akses offline dan mengedit dokumen melalui  Google Gears. Namun, pada bulan Mei 2010 fitur ini adalah "sementara" dihapus, tanpa waktu khusus untuk saat itu akan kembali.

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -