Yahoo! Mail Kini Tampil Lebih Sosial

     Yahoo! Mail merupakan pemain lama di bidang layanan email berbasis web, sampai sekarang pun masih bisa dibilang cukup merajai persaingan webmail dengan kompetitor besar seperti Gmail dan Hotmail (Microsoft). Dan untuk beberapa lama, sepertinya Yahoo! Mail masih kurang mendapatkan perhatian khusus dari tim developer Yahoo!, terbukti dengan minimnya upgrade pada layanan yang satu ini. Padahal, Y!Mail merupakan salah satu ujung tombak Yahoo!


    Beberapa hal yang membuat Gmail maju begitu pesat adalah simplisitas, efisiensi yang menghasilkan kecepatan akses yang tinggi dibandingkan dengan Hotmail dan Y!Mail. Y!Mail memang belakangan ini mulai ditinggalkan, terutama oleh pengguna yang tech-savvy dan early adopter yang lebih memilih untuk menggunakan GMail sebagai layanan email utama mereka.

    Baru baru ini Y!Mail akhirnya merilis upgrade yang cukup signifikan untuk meningkatkan layanan mereka agar mampu bersaing dengan kompetitornya. Kesan pertama yang muncul ketika membuka tampilan Y!Mail beta yang baru ini adalah tampilan yang lebih simple, navigasi berupa tab-tab agar terlihat lebih terstruktur. Meskipun pewarnaannya agak sedikit suram, namun dari sisi fungsionalitas Y!Mail kini memiliki kesempatan untuk bersaing.

     Y!Mail memiliki dua masalah utama, yaitu spam dan speed (kecepatan akses). Spam filter di Y!Mail seringkali tidak berhasil menjaring email spam, namun justru terkadang memblok email-email yang bukan spam. Hal ini juga menjadi perhatian utama tim Yahoo! yang akhirnya fokus untuk memecahkan masalah ini dengan memperbaiki sistem filtering spam di Y!Mail beta yang baru ini.

     David McDowell, Senior Director Product Management di Yahoo! bahkan mengklaim 55% lebih sedikit spam dibandingkan Gmail dan 40% dibandingkan Hotmail. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kepuasan pengguna Y!Mail.

     Salah satu fitur yang bisa dibilang "killer feature" yang dirilis oleh Y!Mail adalah dengan mengubah Y!Mail bukan lagi menjadi sekadar klien email berbasis web, melainkan sebagai sebuah platform untuk para developer masuk dan berinteraksi dengan pengguna melalui Y!Mail.

     Hal ini merupakan faktor kunci mengapa Facebook begitu terkenal, karena pengguna dapat menggunakan aplikasi yang sesuai dengan keinginan mereka yang juga terintegrasi dengan Facebook mereka. Sejak tahun kemarin Yahoo! sudah mulai menggenjot usaha untuk mendekati para pengembang aplikasi untuk mendukung platform Yahoo! ,termasuk dengan diadakannya event Yahoo! Open Hack Day.

     Sayangnya Y!Mail ini masih terkesan "tertutup" dari dunia luar dan platformnya masih seolah2 tidak mengijinkan Anda keluar dari linkungan Yahoo!. Hal ini merupakan sebuah kekurangan dari Y!Mail beta yang harus dibenahi ke depannya, mungkin dengan menambah interkonektivitas pengguna dengan Yahoo! di platform-platform lain di luar Yahoo!. Dan satu lagi yang harus dibenahi mungkin adalah mobile native apps-nya yang sepertinya masih tertinggal jauh dari versi web-nya.

     Bisa terlihat visi Y!Mail ke depan adalah untuk menjadi rich-webmail yang tidak hanya terintegrasi dengan kehidupan jejaring sosial Anda namun juga diharapkan menjadi pusat kegiatan berinternet Anda, mulai dari mengecek email, ber-twitter ria, Facebook, upload foto ke Flickr dan segala kebutuhan berinternet Anda.

     Y!Mail beta benar-benar memaksa saya untuk kembali membuka webmail Yahoo! saya yang sudah lama saya tinggalkan. Siapa tahu, mungkin Anda akan menyukainya.

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -