Pasta Makanan Paling Populer Sedunia

      Survei yang dilakukan lembaga amal Oxfam menunjukkan pasta berada di urutan teratas, mengalahkan daging, nasi, dan pizza. Menurut survei ini pasta tidak hanya populer di negara-negara Eropa.
Di negara-negara seperti Filipina, Guatemala, Brasil, dan Afrika Selatan pasta juga sangat disenangi masyarakat.

      Dan data dari Organisasi Pasta Internasioal memperlihatkan Venezuela adalah konsumen pasta terbesar kedua di dunia setelah Italia.
Tunisia, Chile, dan Peru juga masuk sepuluh besar negara pemakan pasta terbanyak di dunia sementara jumlah pasta yang dikonsumsi masyarakat Meksiko, Argentina, dan Bolivia melebihi Inggris.

      Data penjualan global menunjukkan betapa warga dunia mencintai makanan asal Italia ini.
Pada 2003 penjualan pasta mencapai US$8 miliar sementara pada tahun 2010 angkanya menembus US$10 miliar.

      Mengapa pasta sangat populer?
Karena murah dan mudah dimasak, kata Jim Winship dari asosiasi makanan Italia di Inggris. Bahan saus untuk pasta juga mudah didapatkan.
     "Anda bisa membuat aneka jenis makanan dari pasta. Rasanya enak dan cepat membuat kita kenyang. Selain itu pasta juga tahan lama," papar Winship. Faktor lain adalah pasta mudah diproduksi secara massal dan tidak sulit diangkut ke berbagai tempat di seluruh dunia. Tidak mengherankan bila terdapat banyak pabrik pasta di seluruh dunia.

      "Jelas itu yang menyebabkan mengapa pasta sangat populer. Mudah diproduksi, mudah diangkut, dan mudah disimpan," kata John Dickie, guru besar kajian Italia di University College London. Pasta sebenarnya makanan global karena asal muasalnya tidak monopoli Italia, sesuatu yang tidak mengherankan karena pasta hanya terbuat dari gandum dan air. Orang-orang Yunani dan Romawi misalnya memiliki makanan sejenis pasta meski tidak direbus. Pasta ala Yunani dan Romawi dipanggang.

      Cina juga punya makanan sejenis pasta. Mitos menyebutkan penjelajah Venesia, Marco Polo, membawa pulang pasta dari Cina pada 1295. Teori yang paling banyak dianut adalah pasta berbentuk mi kering dibawa oleh orang-orang Arab ke Sisilia pada abad ke-8. Pasta ini dibuat dengan menggunakan durum, gandum khas Sisilia. Menurut hukum Italia, pasta kering hanya boleh dibuat dari gandum jenis ini dan Sisilia masih dikenal sebagai salah satu pusat penghasil pasta di Italia.

Artikel Terkait

2 komentar:

Ino mengatakan...

Wa... buat mie Sedap... aja dah sama kok hahhahah malah ada berbagai rasa ... goreng, soto... rendang... ayam bawang... wih *laper aku...

Deo Pradipta mengatakan...

laper ? makan sono sobb XD

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -