Bea Materai Adalah ..??

        Bea Materai adalah pajak atau pungutan yang dikenakan pemerintah atas dokumen-dokumen resmi tertentu dengan tujuan untuk memberikan nilai hukum padanya sehingga menjadi surat berharga. Pelaksanaan pemungutan dan pembayaran bea materai diatir dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai dan telah disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor. 24 Tahun 2000. Benda materai dicetak dan dikeluarkan oleh pemerintah.

        Dokumen-dokumen resmi yang dikenai bea materai antara lain surat perjanjian, akta notaris dan pejaba pembuat akta tanah, serta surat tanda pembayaran uang. Sebaliknya, dokumen-dokumen resmu yang tidak dikenai bea materai antara lain surat penyimpan barang, surat angkutan, tanda terima gaji, surat gadai, dan segala bentuk ijazah. Di samping itu, ada pula surat biasa yang semula tidak dikenai bea materai sebab tertentu berubah menjadi surat resmi yang dikenai bea materai. Contohnya dokumen yang sering dikunakan sebagai alat pembuktian di pengadilan.

Artikel Terkait

2 komentar:

Michael mengatakan...

gan baqu mau nanya.. kalo tempelate blog di ganti, konten konten ny ilang gx ?... misal ny kaya,, allert message,, dan konten konten lain nya....! tolong di banti gan !

Deo Pein Nagato mengatakan...

pasti hilang semua.. harus mulai dari awal lagi..

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -