Prinsip - Prinsip ( Syarat ) Pemungutan Pajak


        Dalam rangka pemenuhan rasa keadilan maka penyusunan undang-undang pajak harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Menurut Adam Smith dalam bukunya Wealth of Nations (Rohman Soemiro, 1990) ada empat syarat untuk tercapainya peraturan pajak yang adil, harus jelas, tegas, dan tidak mengandung arti ganda atau memberi peluang untuk ditafsirkan lain.
  • Kesamaan (equality) yaitu dalam pemungutan pajak orang yang berbeda dalam keadaan yang sama harus dikenakan pajak yang sama.  Contohnya dalam pajak penghasilan, yang dikenakan pajak yang sama adalah orang yang mempunyai penghasilan kena pajak yang sama, bukan orang yang mempunyai penghasilan yang sama.
  • Kesenangan (convenience), artinya dalam pemungutan pajak diupayakan pada saat yang tepat, yaitu pada saat wajib pajak mempunyai uang.  Seorang yang menerima gaji lebih mudah ditagih pajaknya pada saat menerima gaji.
  • Ekonomi (economy), artinya biaya pemungutan pajak harus lebih kecil daripada hasil pemungutan pajak tersebut.

Artikel Terkait

12 komentar:

Vindy mengatakan...

thx infonya .. bermanfaat banget :)

Anonim mengatakan...

oh, sip wes artikelx!

Deo Pein Nagato mengatakan...

@vindy : sama-sama :)
@anonim : hehe... thx :D

Anonim mengatakan...

onfonya bermanfaat. tapi kalo bole saran isinya kurang detail ttg pajak. kan pengetahuan ttg pajak luas bgt ;D


DEBYY

Deo Pein Nagato mengatakan...

hehehe... thx saranny debby :D

Agung mengatakan...

artikelnya siipp ., :D

Deo Pein Nagato mengatakan...

@aGung : hehe... makasih udah ngunjungi blog Q :)

Agung mengatakan...

hehe ., sama-sama ., :D

Ide Nada mengatakan...

sama persis yang ada di buku IPS dari departemen pendidikan nasional.. kak Deo pake buku ini? Kalau pake, coba deh kak liat yang rangkuman bab pajak, prinsip-prinsipnya beda loh sama yang ada di materinya, aku nggak ngerti. kalau kakak ngerti, jelasin dong kak :D

Deo Pradipta mengatakan...

bener.. emang persis banget :D
wah.. aku gak pinter ips nih.. lagian bukunya udah ga ada ._.v

UII Official mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Mahardhika Ravi mengatakan...

kurang satu tuh . Kepastian (Certainty), tapi gak apa-apa kok udh membantu bgt

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -