Google+ Diblokir di China

     China memblokir jejaring sosial baru, Google+, beberapa hari setelah diluncurkan. Pemblokiran ini disebabkan karena Google+ masih menggunakan domin google.com, yang masih diblokir di China. Google+ menggunakan alamat domain plus.google.com.

     Seperti dikutip dari The Guardian, pemerintah China melakukan sensor terhadap sejumlah situs yang berbasis di luar China. Alasannya, sejumlah situs itu mengandung sejumlah konten yang bersifat "destabilisasi", seperti pornografi dan tak layak dipandang.

     Selain Google+, China sebelumnya juga telah melakukan pemblokiran terhadap jejaring sosial Facebook dan Twitter. Untuk mengetahui situs apa saja yang diblokir di China, Anda bisa cek di greatfirewallofchina.org.

     Berdasarkan situs greatfirewallofchina.org, plus.google.com tak bisa diakses dari Beijing, Shenzen, Inner Mongolia, Provinsi Heilongjuang, dan Provinsi Yunnan. China memang telah memblokir Google sejak lama. Ini disebabkan Google menarik diri dari daratan China tahun 2010, setelah mencurigai China di belakang serangan peretas (hacker) yang berusaha masuk ke sistem pengamanan internal Google. Kecurigaan ini berdasarkan informasi yang diincar, antara lain data penggiat Hak Asasi Manusia di China.

       Tidak hanya google.com, bahkan domain Google yang berbasis di Cina, google.cn, juga diblokir. China pun menyediakan situs mesin pencari Baidu.com sebagai pengganti Google. Google memang membuat Google+ untuk menyaingi jejaring sosial Facebook, yang saat ini telah digunakan oleh 700 juta pengguna. Di awal peluncurannya, Google+ sempat menghentikan sign-up baru. Ini disebabkan banyaknya permintaan pengguna internet untuk memiliki akun di Google+.

Sumber : VIVAnews.com

Artikel Terkait

2 komentar:

MUXLIMO mengatakan...

wAH, dari dulu google ama permerintah Cina emang gak akur, Ya Bro... (_ _")

Deo Pein Nagato mengatakan...

iya bro.. kasihan warga chinanya.. hehehe... XD

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -