Puasa = Mencegah Global Warming..!

      Dalam setiap cobaan-Nya pasti ada hikmah dibalik semuanya, sebenarnya semua itu sudah direncanakan Yang Maha Kuasa dari manusia sendiri sebelum diciptakan. Bagi kita yang percaya adanya Tuhan, pasti kita percaya bahwa Tuhan kita memberi cobaan kepada kita karena Tuhan sayang pada kita.

      Setiap manusia pasti merasakan dengan apa yang namanya cobaan, entah orang itu kaya ataupun miskin, yang taat entah yang tidak. Cobaan dari Tuhan bukan berarti Tuhan tidak sayang pada kita, namun Dia mengingatkan kepada kita agar lebih ingat kepada-Nya dan adanya hari akhir nanti untuk lebih taat kepada-Nya.

      Puasa, bagi setiap orang sudah tau apa arti dari puasa, puasa yaitu menahan lapar dan haus juga hawa nafsu dari semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari,dengan disertai niat ibadah kepada Tuhan, karena mengharapkan ridho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan Taqwa kepada-Nya.  Hikmah dari puasa memberikan pelajaran bagi si kaya untuk merasakan lapar sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang kepada fakir miskin, dan menjaga dari maksiat.

      Puasa juga menghemat energi, kawan.. Ehmm, bayangkan jika kita tidak memakan daging (sapi, unggas, kambing, dan sejenisnya) selama kurang lebih 14 jam setiap hari selama satu bulan. 14 jam x 30 hari = 420 jam , kita tidak memakan daging selama 420 jam lho kawan.  Dengan mengurangi makan daging, berarti kita mengurangi peternakan, maka akan berdampak kepada lahan untuk dihijaukan yang berfungsi sebagai hutan.

      Kenapa harus mengurangi peternakan? karena CO2 dari sistem pernapasan ternak yang menyatakan bahwa sumber ini menyumbang emisi yang setara dengan 8,8 juta metrik ton CO2 = Menyumbang 21% emisi CO2 yang disebabkan manusia.   Jika masih berlangsung perkembangan hewan ternak dengan pesat, hutan di bumi ini di tebang sedikit demi sedikit karena alasan pemilihan untuk lahan ternak.

       Dalam kesempatan kita mengurangi penggunaan pangan daging, kita tidak hanya mencegah global warming saja, tapi kita juga bisa memanfaatkan penggunakan alternatif sebagai menghemat energi, yaitu biogas.  Biogas ini dihasilkan dari kotoran hewan yang diproses menjadi gas metana, biogas ini termasuk alternatif ramah lingkungan lho kawan.. biogas berguna sebagai energi alternatif pengganti elpiji yang mulai langka.

      Seumpama kita tidak makan daging selama 30 hari itu, semua orang berpuasa tidak makan daging sama sekali dan menggunakan kotoran ternak untuk biogas. Bayangkan, berapa umur bumi dan energi yang terselamatkan karena ibadah yang kita lakukan ?

       Berarti jika kita berpuasa, kita juga menyumbang pencegahan 'GLOBAL WARMING' lho kawan.  Kita berpuasa, menahan hawa nafsu tapi manfaatnya banyak.  Selain kita mendapat amal ibadah dari Yang Maha Kuasa, kita juga banyak mendapat hikmah dari semua cobaan yang di berikan-Nya kepada kita, yaitu kita bisa lebih dapat mencintai bumi, menyelamatkan anak cucu kita, dan masih banyak lagi.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1432 H dan STOP GLOBAL WARMING :D

Artikel Terkait

4 komentar:

TheRealLivingDeal Company mengatakan...

boy tahu kata mbalasnya "minal aidzin wal faiszin" nggak?

Deo Pradipta mengatakan...

gak tau gan... hmm.. lanjutannya 'mohon maaf lahir batin' XD

Sandro mengatakan...

Stop Global Warming, and Let's Cooling the world :D

Deo Pradipta mengatakan...

okrek dah gan, mantab~ :D

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -