FLAC - Format Audio Terbaru dengan Kualitas Suara yang Jauh Lebih Bagus

Permasalahan:
Semakin banyak orang-orang yang melakukan burning CD untuk membuat CD audio dengan menggunakan format FLAC. Namun, audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan tidak mengenali file audio dengan format FLAC tersebut.

Solusi:
FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, yang berarti kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya. Berbeda dengan format MP3 atau Ogg Vorbis-menggunakan metode Lossy dalam melakukan kompresi data-yang berarti kualitas audio dari file yang dihasilkan akan berbeda jauh dari kualitas aslinya dan terkesan asalasalan, yang penting file tersebut bisa diputar dan didengarkan oleh telinga Anda.

Beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari FLAC, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memakai format ini, karena FLAC adalah format audio yang gratis dan bisa dipakai siapa saja. Mungkin karena faktor ini juga yang menyebabkan para produsen MP3 Player mengintegrasikan format FLAC kedalam produk-produk mereka. Sebagai contoh, produk yang sudah mendukung format FLAC adalah Rio Karma (www.rioaudio.com).

Jika dibandingkan dengan format MP3 atau Ogg Vorbis, format FLAC ini memang memerlukan ruang harddisk yang cukup lega. Bayangkan saja, ketika kami mencoba mengonversi file audio dari format MP3 ke format FLAC, file MP3 yang hanya berukuran sebesar 3.5 MB setelah menjadi format FLAC membengkak menjadi berukuran sekitar 33 Mb. Sangat besar memang, tapi kualitas suara yang dihasilkan juga berbeda jauh dari format MP3. Jika Anda menginginkan informasi teknis dari format FLAC secara lebih detail, Anda bisa masuk ke situs http://flac.sourceforge.net.

Pada situs tersebut, Anda akan menemukan berbagai informasi penting, seperti beberapa software audio player untuk platform operating system yang berbeda-beda dan beberapa plug-in untuk software audio player yang sudah dikenal seperti Winamp dan Windows Media Player. Di situs ini Anda juga bisa men-download beberapa software audio player seperti Nero Media Player atau Foobar 2000. Untuk memperbaiki Winamp player Anda yang tidak bisa memainkan file audio dengan format FLAC, cukup menginstal paket FLAC installer yang kami sertakan dalam CD pada perangkat PC Anda. Cukup mudah, bukan?

Untuk Anda pencinta film-film dengan format DVD dan pengguna software power DVD, mungkin sering merasa kesal dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh player yang Anda pakai. Kebanyakan DVD yang diputar dengan player tersebut memang mempunyai kualitas suara yang kurang bagus atau volume suaranya kurang besar, sehingga membuat Anda tidak bisa menikmati film tersebut.

Hal itu bisa disebabkan oleh codec yang disediakan player tersebut kurang bisa n:emaksimalkan fungsi untuk mengeluarkan volume suara yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan suara yang menggelegar dari film DVD kesukaan Anda, kami sarankan Anda mencoba software player VLC. Player tersebut bisa menaikkan volume suara yang tadinya kecil menjadi dua kali lipat lebih besar. Selain itu, dalam player tersebut sudah terintegrasi berbagai codec sehingga berbagai format audio maupun video bisa diputar pada player ini tentunya dengan kelebihan suara yang menggelegar.

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Askorus Distro Askorus Distro
Copyright 2010 - 2012 ^ Akatsuki Blog™ - Compatible with Chrome 1024 x 768 -